fbpx

ITTelkom jalin kerjasama dengan Dua Perguruan Tinggi di Malaysia

Hari Sabtu lalu (15/12), Wakil Rektor IT Telkom Surabaya, yaitu Ir. Tri Agus Djoko Kuntjoro, M.T. serta Dekan Fakultas Teknologi Informasi dan Industri yaitu Satria Mandala, S.T., M.Sc., Ph.D melakukan perjalanan dinas ke Malaysia dalam rangka penjajakan kerjasama dengan dua Perguruan Tinggi yatiu, Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia dalam rangka penjajakan kerja sama untuk student exchange, double degree, joint research dan kesemepatan kuliah lanjutan (postgraduate) untuk dosen.

Pemilihan UTM bukan tanpa alasan. Perguruan tinggi yang memiliki luas area kurang lebih 1200 hektar ini masuk dalam top 200 perguruan tinggi di dunia pada tahun 2017. Selain itu, UTM juga terkenal research based campus dengan aktivitas riset yang diakui di Malaysia. Berikutnya pemilihan UTHM juga memiiki alasan kuat, salah satunya adalah Penghargaan Stars memberikan bintang 4 kepada UTHM sehingga menyandang predikat Four-Star Institution.

Terdapat beberapa hal yang menarik dalam kunjungan tersebut. Pada kunjungan pertama di UTM, pihak ITTelkom yang pada waktu bersamaan juga hadir bersama Rektor Telkom University yaitu Prof. Dr. Adiwijaya, S.Si., M.Si diterima oleh Prof.Dr. Syahrizal bin Sunar, Director Institut of Human Centre Engineering. Dibawah direktorat tersebut, riset-riset mengenai animasi, sport science, dan healthcare dilakukan dan dikembangkan menjadi produk-produk yang dapat diterima pasar. Hal ini yang ingin diimplementasikan juga oleh ITTelkom Surabaya untuk melakukan riset yang dapat diimplementasikan dalam bidang specialty dari ITTelkom Surabaya yaitu, pengembangan radar untuk keperluan maritim, simulasi trafik untuk transportasi , dan pengembangan riset di ranah logistic darat udara, dan terutama laut dapat diterima users dan pasar pada ranah tersebut.
Selanjutnya, pihak ITTelkom Surabaya juga disambut oleh Vice Chancellor UTM, yaitu Prof. Datuk. Ir. Dr. Wahid Bin Omar. Bersama beliau disepakati bahwa akan ada program reciprocal dimana mahasiswa akan dikirim untuk kuliah 1 semester dalam kelas bahasa inggris ataupun kelas bilingual, pertukaran dosen untuk mengajar dan melakukan riset, serta seminar atau workshop kecil yang melibatkan dua belah pihak. Rancangan kerjasama ini akan dijajaki selama 3 bulan kedepan.

Pada malam hari, dikemas dalam sebuah makan malam, Pihak ITTelkom bertemu dengan perwakilan dari Universitas Tun Husain On Malaysia yang langsung diwakili oleh Rektor UTHM yaitu Prof. Dr. Ir. Datuk Wahid bin Ibrahim. Pada pertemuan tersebut sekaligus dilakukan penandatanganan Memorandum of Aggreemnet (MoA) untuk kerjasama riset di level fakultas. Kerjasama Riset ini akan banyak berada di area riset Teknik Industri, Teknologi Informasi, Teknik Komputer, dan Teknik Telekomunikasi.

Proses penjajakan kerjasama ini dilaksanakan secara bertahap. Sebelum melakukan kunjungan ke Malaysia, pihak IT Telkom Surabaya terlebih dahulu mengawali komunikasi melalui surat elektronik untuk menyampaikan keinginan untuk menjalin kerjasama antar institusi. Berikutnya dilakukan teleconference bersama pejabat terkait dari dua belah pihak perguruan tinggi untuk menindaklanjuti kerjsama ini ke tahap yang selanjutnya. Kunjungan kerja menjadi tahap selanjutnya yang perlu dilakukan untuk dapat berkomunikasi langsung hingga mencapai pre-agreement secara lisan mengenai hal-hal yang ini dilakukan kerjasama, dalam hal ini adalah 4 hal yang telah disebutkan diawal (student exchange, double degree, joint research, postgraduate). Kemudian, kerjsama ini akan dituangkan dalam Memorandum of Agreement sebelum nantinya akan dilanjutkan pada tahap final yaitu Memorandom of Understanding atau yang biasa dikenal dengan MoU. Kerjasama ini juga tidak lepas untuk menyiapkan mahasiswa dari ITTelkom Surabaya untuk dapat merasakan pengalaman di dunia internasional (International Experience) sehingga lebih adaptif dan kompetitif saat bersaing di dunia professional ataupun di dunia bisnis. Bagi calon mahasiswa ITTelkom Surabaya, hal ini juga dapat dipertimbangkan sebagai prospek dan nilai plus ketika mereka nantinya telah menjadi mahasiswa ITTelkom Surabaya untuk mendapat pengalaman student exchange ke perguruan tinggi di Malaysia bahkan kesempatan meraih double degree dari Perguruan Tinggi di Indonesia dan Malaysia.

Leave a reply