fbpx

ITTelkom Surabaya Berani Melangkah di Hari Pahlawan

Peringatan Hari Pahlawan menjadi salah satu agenda Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTelkom Surabaya) di Bulan November. Tanggal yang bersejarah bagi Indonesia dan khususnya Surabaya tersebut juga perlu diperingati secara khusus oleh ITTelkom Surabaya yang berdiri dan beroperasi di Kota Surabaya dengan mengadakan serangkaian acara. Peringatan Hari Pahlawan di ITTelkom Surabaya diawali dengan upacara bendera dengan Pembina wakil rektor II, Ir. Tri Agus Kuncoro, M.T. Sebagai amanat Pembina upacara, beliau membawakan naskah pidato dari Kementerian Sosial Republik Indonesia serta naskah pidato Bung Tomo saat membakar semangat warga Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Dalam upacara tersebut, seluruh peserta upacara menggunakan atribut yang berkaitan dengan kepahlawanan. Tampak dari gambar diatas, terdapat peserta upacara yang menggunakan atribut tentara, pahlawan nasional seperti Ki Hadjar Dewantara dan Imam Bonjol, serta busana dari beragam daerah di Indonesia.

 

Acara berikutnya adalah lomba pengetahuan kebangsaan yang diikuti oleh mahasiswa, dosen, hingga staf pendukung akademik. Terdapat beberapa babak dalam lomba wawasan kebangsaan ini, diantaranya adalah trivia quiz, dimana peserta harus menjawab beragam soal dengan topik kepahlawanan serta kebangsaan. Babak selanjutnya adalah menebak lirik sebuah lagu yang dibacakan layaknya puisi dan peserta harus dapat menebak lagu dari lirik yang dibacakan tersebut. Dan terakhir adalah Babak Komunigerak, dimana peserta harus menebak kalimat dari gerakan yang diperagakan secara estafet. Lomba pengetahuan kebangsaan dimenangkan oleh program studi Teknologi Informasi, sementara tim dari program studi Teknik Komputer dan Dosen menempati posisi kedua dan ketiga.

Kontes busana menjadi perlombaan berikutnya. Para peserta yang telah menggunakan atribut dipilih tujuh peserta pria dan wanita dengan kostum terbaik. Masing-masing peserta kemudian memeragakan atribut yang telah digunakan dalam mini catwalk yang telah disediakan oleh panitia. Salah satu yang menarik adalah program Teknik Industri menempatkan 6 perwakilan sebagai nominasi kostum terbaik. Perlombaan ketiga dan terakhir adalah perlombaan video untuk mahasiswa masing-masing program studi dengan tema ITTelkom Surabaya Berani Melangkah. Masing-masing prodi menampilkan berbagai konsep video kreatif dan persepsi berani melangkah menurut mahasiswa ITTelkom Surabaya. Buat kalian yang penasaran, bisa melihat video dari masing-masing program studi di official youtube account ITTelkom Surabaya sekarang juga.

 

Leave a reply