ITTelkom Surabaya menuju ISO 20000-1

Gayungan, Kampus ITTelkom Surabaya menyelenggarakan pelatihan Awareness ISO 20000-1. Pelatihan tersebut diagendakan oleh Bagian IT Support ITTelkom Surabaya sebagai langkah awal untuk menuju sertifikasi ISO 20000-1. Kampus ini memang masih muda, tetapi semangat untuk lebih maju sudah ditunjukkan dengan rencana jangka panjang yang jelas dan berstandar internasional sesuai dengan visi ITTelkom Surabaya. Dengan tema yang sangat bersemangat yaitu “Berlari Menuju Profesionalisme Tata Kelola IT dalam menghadapi Era Industri 4.0” pelatihan tersebut digelar selama dua hari, yaitu 19 – 20 Februari. Dibimbing oleh Bapak Abdullah Fajar, S.T., M.T. dari lembaga pelatihan dan sertifikasi Telkom PCC. Diikuti oleh 15 peserta yang terdiri dari Bagian IT Support, Bagian Layanan Akademik dan Kemahasiswaan, Satuan Penjamin Mutu, Bagian Keuangan, Bagian Logistik dan Sekretaris Dekan dari dua Fakultas, FTE dan FTII ITTelkom Surabaya.

ISO 20000-1 merupakan standar internasional untuk Sistem Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi (IT Service Management System). Dimana standar itu meliputi seluruh pelayanan yang melibatkan IT. Sedangkan kerangka kerja (Framework) yang digunakan sebagai panduan untuk ISO 20000-1 adalah Information Technology Infrastructure Library (ITIL). ISO 20000-1 tersebut meliputi seluruh kebutuhan untuk mengelola sistem mulai dari perencanaan (planning) dan penerapan (implementing) layanan, perubahan layanan, proses pengiriman layanan, service desk sampai dengan operasional IT.

Setelah pelatihan tersebut tidak cukup berhenti di situ saja. ITTelkom Surabaya akan membentuk tim adhoc yang akan menindak-lanjuti langkah-langkah apa saja yang diperlukan untuk mengimplementasikan ITIL. Selain itu, pelatihan Awareness ini merupakan satu dari delapan seri pelatihan yang mana akan mengawal ITTelkom Surabaya ini untuk mencapai sertifikasi ISO 20000-1.

Proses menuju ISO 20000-1 ini bukanlah suatu hal yang mudah dan singkat. Implementasinya saja mungkin baru bisa tercapai selama 2 tahun sebelum akhirnya bisa melakukan sertifikasi. Tetapi proses yang cukup lama tersebut setidaknya sudah diinisiasi agar ke depannya ITTelkom Surabaya siap menata pelayanannya untuk menjadi Kampus yang berstandar internasional.

Leave a reply