Keseruan Bincang-Bincang Mengenai IoT dengan Direktur IoT Center Telkom University

Apa sih yang terbenak dalam pikiran kalian ketika menyebut kalimat Internet Of Things?

Internet Of Things (IoT) atau yang biasa kita sebut dengan hubungan beberapa perangkat komunikasi atau hardware dengan internet, telah membawa dampak nyata bagi kehidupan kita. Beberapa minggu yang lalu, tepatnya pada rabu (6/02/2019) lalu, salah satu fakultas yang ada di kampus Institut Teknologi Telkom Surabaya mengundang satu pembicara dari Universitas Telkom, Bandung.

Dr. Muhammad Ary Murti, seorang dosen yang juga menjabat sebagai Direktur IoT Center Telkom Uniersity, hadir untuk memberikan ilmu dan berbagi wawasannya kepada para mahasiswa juga dosen yang ikut menghadiri kuliah tamu tersebut. Acara dimulai pada pukul 9 tepat. Semuanya hadir dengan wajah yang haus akan ilmu yang akan disampaikan. Suasana saat itu sangat cerah, membawa semangat baru bagi seluruh mahasiswa Fakultas Teknik Elektro yang saat itu sedang sibuk-sibuknya menyiapkan mental dan pikiran untuk menghadapai Ujian Akhir di Semester 1.

Dapat apa aja sih dari kuliah tamu kali ini?

Kegiatan kali ini dibagi dengan dua sesi utama. Sesi pertama diikuti oleh mahasiswa, dengan banyak hal yang akan disampaikan. Sajian pertama yang diberikan oleh pemateri dimulai, dengan pembahasan seperti apa sih Teknologi IoT itu? Dan bagaimana kita dapat mengenalnya dengan bahasa yang lebih segar dimengerti?

Fungsi sebuah kuliah tamu yang diberikan oleh kampus IT Telkom Surabaya bukan hanya sebagai sarana menimba ilmu, tapi juga sebagai langkah awal yang pasti, untuk menambah pengetahuan mahasiswanya dengan mengenalkan apa-apa saja yang perlu mereka ketahui tentang perkembangan teknologi yang sekarang berkembang, khususnya di Indonesia.

Materi berlanjut dengan bagaimana proses komunikasi dengan Teknologi IoT, manfaat seperti apakah yang dihasilkan ketika mereka tahu dan paham tentang proses komunikasi seperti ini, dan terakhir ditutup dengan bagaimana kaitannya dengan Industri 4.0 yang juga sedang menjadi perbincangan dalam ranah teknologi saat ini.

‘Semangat para dosen masih semangat muda’

Sesi kedua juga tidak kalah menarik dengan dihadiri oleh dosen-dosen Fakultas Teknik Elektro. Dosen-dosen IT Telkom Surabaya juga tidak kalah semangat dari mahasiswa-mahasiswanya ternyata.

Antusias yang begitu luar biasa ini didukung dengan materi yang juga menarik, yaitu mengenai ‘Pengenalan IoT Platform Antares’ ditambah pemakaiannya dengan ESP atau Enhanced Smart Power. Yang merupakan terobosan baru platform IoT yang diprakarsai oleh Telkom dan tidak tergantung pada platform luar. Selain itu diikuti dengan workshop instalasi, coding, dan pengujian untuk sensor suhu dan kelembapan.

Dan akhirnya semua sesi telah berjalan dengan baik juga kondusif oleh semua mahasiswa dan dosen-dosen yang mengikuti kuliah tamu kali ini.

Kita semua berharap dari kuliah tamu kali ini, akan ada inovasi-inovasi baru dari seluruh akademika di IT Telkom Surabaya yang ikut berkontribusi dalam memajukan teknologi di Indonesia dengan IoT.

 

Punya kesan tersendiri dalam kuliah tamu kali ini? Share yuk di kolom komentar

Leave a reply