fbpx

Puluhan Guru BK Jatim Dapat Pelatihan Soft Skills

Sebanyak 50 guru bimbingan konseling (BK) se-Kabupaten Jombang, 16 Oktober 2018, mendapatkan pelatihan mengenai pengembangan soft skills penggunakan google sheet bagi siswa SMK yang diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Jatim bekerja sama dengan Yayasan Pendidikan Telkom – Institut Teknologi Telkom Surabaya.

Pelatihan penggunaan aplikasi google ini diharapkan akan berkelanjutan dan tidak selesai setelah pelatihan berakhir. Selain itu, para peserta juga memiliki tanggung jawab untuk mengimplementasikan ilmu yang didapat serta membagikannya kepada para guru BK yang menjadi anggota dari MGBK di wilayah Jombang.”Harapannya, setelah ilmu ini menyebar ke semua guru BK, dapat diimplementasikan untuk mengangket siswanya terkait dengan minat dan bakat siswa”, ujar salah seorang guru BK dari SMAN Mojoagung, Jombang.

Selama mengikuti kegiatan pelatihan, peserta terlihat sangat antusias, bahkan dibuka hingga dua kelas peatihan. Kegiatan ini tidak hanya diikuiti oleh peserta guru BK muda saja, namun juga yang sudah berusia. Setelah selesai kegiatan teori, tutor langsung memberikan contoh prakteknya. Mereka aktif bertanya dan menggunakan aplikasi dari google ini secara online di komputer laboratorium. Para guru tersebut berencana untuk menggunakan perangkat tersbut untuk mendapatkan dan mensurvey data siswa siswanya.

Sementara itu Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTelkom Surabaya) adalah perguruan tinggi berstandar internasional yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung daya saing bangsa Indonesia. ITTelkom Surabaya merupakan Pendidikan Tinggi dibawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom yang mengusung konsep One Pipe Education System (OPES) dan tersebar diseluruh wilayah Indonesia, hal ini terselenggara atas bergabungnya dua Yayasan dibidang pendidikan yang diprakarsai oleh PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (PT.Telkom).

ITTelkom Surabaya hadir dengan kekhasannya yaitu Kurikulum dan pengembangan kompetensi difokuskan pada aplikasi di bidang industri maritim, logistik dan transportasi. Di awal pendiriannya, kampus ini memiliki 7 Program Studi yaitu Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektro, Teknik Komputer, Teknik Industri, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering).

Dari kegiatan seminar dan pelatihan guru BK yang sudah dilakukan di Jombang, diharapakan para guru guru dapat mengimplementasikan ilmu dan pengalamannya ke siswanya di sekolah, demi kemajuan bangsa. ITTelkom Surabaya, sebagai suatu institusi Pendidikan tinggi baru di jawa timur, senantiasa selalu membutikan diri untuk siap mengabdikan diri di bidang Pendidikan.

Leave a reply