fbpx

Seminar dan Social Experiment sebagai pengenalan kehidupan kampus untuk Mahasiswa Baru

PKKMB Day 1

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan kegiatan kaderisasi untuk menyambut mahasiswa baru di ITTelkom Surabaya. Sebutan dari kegiatan ini adalah Dewangkara Maetala (DM) yakni Anugrah Tuhan untuk Indonesia dimana Dewangkara berarti berarti sumber energi dan cahaya dan Maetala berarti ekosistem kehidupan.

Melalui tema ini diharapkan ITTelkom Surabaya sebagai ekosistem kehidupan pendidikan tinggi sebagai sumber energi kampus untuk mengenal dan mengekplorasi diri sehingga menciptaka sense of belonging yang kuat. Kegiatan PKKMB di ITTelkom Surabaya dilaksanakan 3 hari berturut turut dari Jumat, 19 Oktober 2018 sampai dengan 21 Oktober 2018 di dua tempat yang berbeda. Untuk hari pertama, kegiatan PKKMB dilaksanakan di Aula Telkom Indonesia Divisi Regional 5 Jawa timur yang berlokasi di Jalan Ketintang No.156.

Sebelum memasuki aula, mahasiswa melaksanakan apel pagi di lapangan Telkom dan mendapatkan arahan dari Ketua PKKMB ITTelkom Surabaya, Noerma Pudji Isyanto S.Kom., M.Kom. Beliau memberikan kunci keberhasilan kepada seluruh sekaligus sebagai jargon Ittelkom yakni Disiplin, Terampil dan Berkarakter.

Setelah apel pagi, mahasiswa baru memasuki aula dan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne ITTelkom Surabaya dan Mars ITTelkom Surabaya. Selanjutnya adalah sambutan Wakil Rektor II ITTelkom Surabaya, Ir,Tri Agus Djoko Kuntjoro, M.T. Beliau mengenalkan mengenai ITTelkom Surabaya dan memberikan motivasi ke seluruh mahasiswa baru untuk semangat berprestasi. Banyak sekali mahasiswa yang antusias dan bertanya mengenai tips tips yang diberikan oleh beliau.

Setelah sambutan oleh Wakil Rektor II, dilanjutkan ishoma dan materi Wawasan Kebangsaan yang disampaikan oleh Letnan Kolonel Laut (KH) Drs. Ambar Kristiyanto, M.Si. Beliau juga menyampaikan bahwa negara kita tidak mengenal warga kelas satu, kelas dua atau yang lainnya melainkan warga negara kita sama. Hal ini sama dengan mahasiswa baru di kampus ITTelkom Surabaya yang saat ini terdapat mahasiswa dari 8 provinsi yang berbeda tetapi mempunyai 1 tujuan yang sama yaitu sukses di masa mendatang. Kegiatan PKKMB di ITTelkom Surabaya ini tidak “menakutkan” seperti halnya kegiatan orientasi kampus yang mengandung kekerasan dan tidak ada esensinya tetapi kegiatan PKKMB ITTelkom Surabaya ini akan menambah ilmu mahasiswa baru, tidak ada kekerasan melainkan diiisi dengan kegiatan yang berhubungan dengan kedisiplinan, kegiatan Social Experience, dan kegiatan yang menambah ilmu pengetuahuan mahasiswa baru untuk membentuk karakter yang disiplin, terampil dan mandiri.

 

PKKMB Day 2

Setelah Sukses dengan PKKMB Hari Pertama, Mahasiswa tetap antusias mengikuti PKKMB Hari kedua bertema Kemaritiman dan Entrepreneur. Seperti biasa mahasiswa melakukan kegiatan apel pagi dan sarapan di lapangan kantor Telkom dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indoensia, hymne ITTelkom Surabaya dan Mars ITTelkom Surabaya. Kegiatan pertama dalam acara PKKMB hari kedua adalah kemaritiman dimana pembicara kegiatan pertama yaitu Laksamana Pertaa Deny Septiana, S.IP., M.A.P., yang menyampaikan mengenai kemaritiman di Indonesia khususnya Kota Surabaya sebagai pusat Maritim di Jawa timur.

Materi entrepreneur selanjutnya adalah Yugnan Adi Sasongko Young entrepreneur dan founder dari semogaberkah.id ini untuk menciptakan aplikasi Toilet Rate. Aplikasi ini sederhana tetapi sangat membantu kita untuk mencari fasilitas umum terutama toilet yang bersih. Ide tersebut berangkat dari pengalaman pribadi waktu keluar kota dan kesusahan mencari toilet yang bersih. Dari ide tersebutlah yugnan membuat aplikasi Toilet Rate untuk membantu mencari toilet yang bersih. Mahasiswa sangat antusias untuk membuat start up.

Tak kalah menarik, pembicara ke tiga dalam serangkaian acara ini adalah Dalu Nuzlul Kirom, founder sekaligus CEO Ternaknesia. Ternaknesia mengawali bisnis sosial ini dengan membantu peternak menjual hewan qurban melalui platform online kemudian berkembang dan menghubungkan peternak dengan masyarakat dalam aspek permodalan, pemasaran dan manajemen. Ternaknesia telah mempunyai jaringan yang cukup luas yaitu menjangkau wilayah jawa, sebagian di Sumatra dan Nusa Tenggara. Dalu mengungkapkan bahwa ternaknesia tak hanya sebagai bisnis digital, tetapi juga merupakan sebuah gerakan untuk memajukan peternakan di Indonesia.

Mahasiswa sangat tertarik dan mendapatkan pengetahuan mengenai start up dan tips tips untuk sesukses pembicara. Semoga kegiatan PKKMB hari kedua ini memberikan motivasi untuk mahasiswa baru dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan berbisnis.

 

PKKMB Day 3

Pengenalan Kehidupan Kampus hari terakhir bagi mahasiswa baru ITTelkom Surabaya berlokasi di kampus Gayungan PTT. Kegiatan PKKMB hari terakhir ini mahasiswa baru diajak untuk social experiment di lingkungan kampus Gayungan. Mereka dibagi menjadi 10 pos untuk 10 kelompok untuk mengamati masalah dan menemukan solusi yang tepat dalam permasalahan tersebut. Dalam kegiatan ini, mahasiswa juga diajak untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan dengan cara mengambil sampah yang berserakan ketika menuju pos yang sudah ditentukan.

Setelah mahasiswa jalan jalan di sekitar kampus gayungan, mereka ditugaskan untuk membuat poster terkait masalah yang ditemukan di lingkungan mereka dan memberikan solusinya. Masing masing kelompok mempresentasikan hasil social experiment kepada semua mahasiswa dan nantinya akan diberikan hadiah untuk 3 kelompok terbaik.

Setelah social experiment, kegiatan PKKMB selanjutnya adalah pengenalan ormawa oleh Moch Iskandar Ryansah S.T., M.T selaku kaprodi Teknik Elektro ITTelkom Surabaya. Pak Ryan menjelaskan mengenai pembentukan BEM dan Unit Kegiatan Mahasiswa. Pengenalan ormawa ini dilanjutkan oleh Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Airlangga dan Presbem dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Diharapkan mahasiswa baru ITTelkom Surabaya angkatan pertama ini sebagai inisiasi dapat memperoleh gambaran dan mekanisme dalam pembentukan BEM dan Unit Kegiatan Kampus.Kegiatan terakhir PKKMB hari ketiga adalah Tausyiah sore oleh Ust. Heru Kusumahadi dan dilanjutkan dengan penutupan kegiatan PKKMB oleh Bapak Noerma Pudji Isyanto S.Kom., M.Kom.

Kegiatan demi kegiatan PKKMB selesai dan sesi terakhir adalah foto bersama di rooftop gedung ITTelkom Surabaya kampus Gayungan dengan seluruh panitia yang terlibat. Semangat DM18!

Leave a reply