fbpx

Telkomsel Aprentice Program Bersama ITTS adakan Tryout SBMPTN 2019

SEMANGAT PAGI #arekITTS!

Telkomsel Aprentice Program bekerja sama dengan ITTTelkom Surabaya mengadakan kegiatan Tryout SBMPTN yang dihadiri 192 peserta siswa SMA kelas 3 dengan mengangkat tema “Loop EduCreation 2019” pada hari Minggu 13 Januari 2019 di ITTS kampus Gayungan. Melalui kegiatan ini diharapkan para siswa SMA kelas 3 yang bercita-cita masuk PTN dapat semakin siap dan semangat dalam meraih kampus Impian. Kegiatan ini juga sekaligus memperkenalkan ITTelkom Surabaya sebagai salah satu kampus berbasis korporasi BUMN di bawah Telkom.

Telkomsel Apprentice program merupakan program magang bersertifikat yang diadakan oleh Telkomsel untuk memberikan gambaran dunia kerja kepada para mahasiswa semester akhir yg mengambil program magang. Melalui kegiatan Loop Educreation ini diharapkan menjadi langkah awal kerjasama ITTS dengan Telkomsel pada kegiatan-kegiatan lain di masa mendatang terutama pada kegiatan-kegiatan yang menyasar pemuda dan komunitas anak muda. Nantinya mahasiswa ITTS akan diikutkan kegiatan Telkomsel Apprentice Program dan program magang bersertifikat BUMN lainnya.

Setelah dilakukan kegiatan Tryout SBMPTN mulai pagi hingga siang hari, caranya selanjutnya diselenggarakan kegiatan talkshow untuk mengenalkan dunia kuliah nantinya. Kegiatan talkshow dibuka oleh Bp. Patrice Richard selaku Manager Youth and Community Telkomsel Jawa Timur dan Dr. Abduh Sayid Albana selaku Ketua Program Studi Teknik Industri ITTS. Dalam talkshow kali ini, terdapat 4 pembicara yang masing-masing mengenalkan dunia kampus dari berbagai aspek. Pembicara pertama, kak Ratna dari LBB Masterprima, yang mengenalkan sistem baru SNMPTN dan SBMPTN yang belum lama diluncurkan oleh LTMPT selaku lembaga resmi seleksi masuk PTN. Pembicara kedua, kak Maya Masitha sebagai salah satu alumni TAP, yang mengenalkan kesibukan organisasi mahasiswa. Kak Maya mampu menyelesaikkan pendidikan di UNESA dengan predikat cum-laude, mendapat beasiswa dari Bank Indonesia, ikut program magang telkomsel, sekaligus aktif di Himpunan Mahasiswa. Kak Maya berbagi tips untuk menyelaraskan kehidupan akademik dan organisasi

Pembicara ketiga, kak Zikril Hakim dari Telkomsel, mengenalkan kesibukan dunia wirausaha yang dapat dilakukan para mahasiswa nantinya sembari berkuliah, dimana salah satu yang sedang naik daun adalah berwirausaha di bidang startup digital. Kak Zikril berbagai tips bagaimana mendapatkan pendanaan untuk ide bisnis mahasiswa. Pembcara terakhir ditutup oleh Bapak Dominggo Bayu Baskara sebagai salah satu dosen Program Studi Teknik Industri ITTSyang menceritakan bagaimana caranya sukses di dunia kerja dengan sebelumnya memilih lembaga pendidikan yang tepat. Menurut pak Domi, resep sukses ada 3, yakni: Skill, Mindset, dan Networking. Hard Skill dapat dikuasai dengan belajar yang giat, namun Soft Skill hanya bisa diperoleh melalui kegiatan organisasi seperti kemampuan bekerja sama, negosiasi, public speaking, dll. Sedangkan untuk mindset, pentingnya memilih institusi pendidikan yang tidak hanya mengajarkan ilmu akademik namun juga mengajarkan pengembangan karakter. Di ITTS, mahasiswa diajarkan pola budaya kerja “The Telkom Way” yang secara sistematis menghasilkan alumni kampus Telkom yang sukses di berbagai perusahaan dan menghantarkan Telkom Group sukses memenangkan persaingan di bisnis telekomunikasi. Tips sukses terakhir, adalah membangun network atau jaringan pertemanan yang hanya bisa dicapai bila kita mencoba menyingkirkan pola pikir kompetisi dan beralih ke sinergi, harmoni, dan kolaborasi dengan sesama.

 

Leave a reply