Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, ITTelkom adakan Sertifikasi TIFO

SEMANGAT PAGI #arekITTS!

Jumat(20/9), Institut Teknologi TELKOM Surabaya mengadakan pelatihan dan sertifikasi Teknisi Instalasi Fiber Optik (TIFO) yang diikuti oleh puluhan mahasiswa ITTelkom yang bertempat di Ruang Seminar Lt. 3 mulai tanggal 16-20 September 2019. Pelatihan ini dipandu langsung instruktur tersertifikasi dari Telkom Profesional Certification Center (TPCC) bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian dimana tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang fiber optic yang nantinya akan bekerja di industri telematika di lingkungan Telkom Group maupun Telkom Ecosystem.

Adapun unit kompetensi yang disertifikasi mencakup penerapan prosedur kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja (K3), penerapan pengetahuan tentang istilah-istilah fiber optic, penerapan pengetahuan tentang jenis-jenis kabel fiber optic; power meter, penyambungan fiber optic dengan fusion splicer, dan pengoperasian Optical Time Domain Reflectometer (OTDR).

Telkom PCC telah menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi TPCC (LSP TPCC) yang diakui secara nasional melalui Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Pada 16 September 2013, LSP TPCC memperoleh lisensi No.Kep.367/BNSP/IX/2013 untuk sertifikasi kompetensi Teknik Instalasi Fiber Optic (TIFO).

Materi dan pembelajaran diberikan oleh beberapa instruktur yang telah tersertifikasi yang didatangkan langsung dari Bandung oleh Telkom PCC. Setelah para peserta mengikuti ujian tertulis berikutnya adalah proses ujian praktik yang diujikan oleh Assessor. Sertifikasi TIFO menjadi tanda bahwa para pekerja melaksanakan prosedur kerja secara professional dan terjamin keahliannya. (DMI)

1 comment

Ilmu yang sangat bermanfaat. Bravo ITTS, sumbangsih Anda untuk kebermanfaatan kemanusiaan. Maju terusss.
EPIC Excellent – Problem solver – Integrity – Collaborative.

Leave a reply