fbpx

Program Unggulan

B

erdasarkan data dari UNICEF di tahun 2016, tercatat sebanyak 2,5 juta anak Indonesia tidak memiliki kesempatan untuk mengenyam pendidikan tinggi. Di sisi lain, Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, menyampaikan bahwa pendidikan menjadi salah satu solusi untuk menaikkan taraf hidup masyarakat Indonesia. Beragam tantangan dialami oleh Indonesia dalam pemerataan pendidikan, khususnya pendidikan tinggi. Perbedaan latar belakang geografis dan strata sosial dari calon mahasiswa, membuat banyak dari mereka sulit untuk merasakan pendidikan di bangku perguruan tinggi.

Tantangan tersebut yang mendasari pemerintah dan pihak swasta, memberikan bantuan pendanaan untuk keberlangsungan pendidikan yang biasa disebut beasiswa. Selain dari pemerintah dan pihak swasta, ketersediaan beasiswa yang berasal dari penyelenggara pendidikan tinggi juga sangat diharapkan untuk menjawab persoalan minimnya kesempatan anak Indonesia untuk merasakan pendidikan tinggi. Kondisi tersebut direspon positif oleh Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) untuk membantu pemerataan pendidikan di Indonesia dalam bentuk penyelenggaraan beasiswa.

Yayasan Pendidikan Telkom berkomitmen untuk memberikan kesempatan kepada anak Indonesia melalui salah satu perguruan tinggi yang sedang dalam proses pendirian, yaitu Institut Teknologi Telkom Surabaya (IT Telkom Surabaya). YPT menyediakan beasiswa dengan total nilai 30 milliar rupiah yang akan diberikan kepada instansi pendidikan yang dinaungi, salah satunya adalah IT Telkom Surabaya. Diharapkan melalui program pemberian beasiswa ini, YPT dan IT Telkom Surabaya turut serta dalam meningkatkan kemampuan dan kualitas sumber daya manusia Indonesia menjadi lebih baik.